Skip to main content

Go Blog Bersama Teman Mahasiswa

Go Blog Bersama sebenarnya adalah sebuah tawaran yang pernah aku sampaikan ke teman sekelasku pada semester lalu (Semester V). Pada saat itu, aku mengira jika kita aktif ng-blog bersama, kami dapat belajar bersama menuangkan sebuah pemikiran dalam catatan-catatan kecil. Selain itu, baru-baru ini aku juga sedang keranjingan membangun sebuah website resmi sebagai media latihanku untuk berkreatifitas di bidang ini.
Pada awalnya aku merasa sangat kesulitan untuk memahami seluk beluk yang harus dipersiapkan untuk membangun sebuah website. Namun, karena saking semangatnya tak lama kemudian dengan bertanya-tanya ke salah satu temanku, akhirnya aku dapat memahaminya walaupun masih sangat terbatas. Maka terbentuklah sebuah website yang kuharap dapat bermanfaat bagi banyak orang. 


Ada lagi, semalam aku juga sempat merasakan semangat yang dulu pernah hilang. Semangat belajar, semangat membaca, semangat berkarya, dan semangat berkreatifitas. “Bagaimana caraku mengukir cerita bersama teman-teman yang selalu berinteraksi denganku di kampus tercinta?” agar aku tetap dikenang oleh mereka setelah proses pendidikan di kampus rampung dilaksanakan. Oleh karena itu, aku iseng-iseng menyusun ulang seluruh isi dan struktur dari blog yang aku buat ini.
Gagasan Go Blog Bersama? 


Go Blog Bersama sebenarnya dilatar belakangi oleh kebiasaanku yang selalu memanfaatkan media internet untuk menggarap berbagai tugas dari dosen. Tak dapat dipungkiri, jika kami sudah masuk ke stadium lanjut mengenai hal “kecanduan internet dan kemudahan copas-nya”.
Selain itu, pada waktu aku semester 3 hardisk komputer kesayanganku mengalami konsleting. Akibatnya data-data perkuliahan selama 3 semester ke belakang yang belum sempat ku back up, ikut hangus terbakar. Saat itu aku sempat syok karena tak satu pun data yang dapat aku selamatkan. “Haduh, belum sempet upload foto-foto ke Facebook jeh, malah hardisknya jebol”. :D
Aku pikir jika di upload ke internet, mungkin aku memiliki backup data-data yang aku anggap penting. Terutama materi-materi perkuliahan yang aku harapkan dapat menjadi kenang-kenangan bagiku, jika aku pernah menulis banyak tugas-tugas dari dosen dengan tertatih-tatih, namun hilang tak berbekas. Ya, walaupun itu hanya tugas hasil copas (:D) tapi minimal aku sudah berusaha mengeditnya. Tau seperti ini sih, mending tak upload semua aja tuh tugas-tugas penting yang akan membantuku kelak jika aku benar-benar sudah menjadi guru, mungkin.
Seperti halnya salah satu temanku yang sempat kehilangan Netbooknya. Tentu saja semua datanya juga hilang dibawa maling sialan itu. Coba aja kalau dia sempet ng-backup datanya di internet, minimal di postingan. Tentu dia tidak akan kehilangan semua data-datanya karena ada backupnya.
Satu, dua, tiga, empat satu persatu banyak juga yang kehilangan data-data perkuliahan. Aku berpikir, kasihan juga ya kita sebagai mahasiswa. Susah-susah garap tugas, revisi yang menyebalkan, presentasi yang menegangkan, kumpulkan, dapat nilai, namun setelah itu, baaar data entah dimana. Aku pikir akan lebih bermanfaat jika semua data-data hasil kerja teman-teman satu kelas dikumpulkan dalam satu direktori khusus yang mudah diakses secara masal. Kemudian diolah, disusun, dan dikelompokkan berdasarkan Mata Kuliah. Tentu akan banyak sekali referensi yang dapat kita gunakan nantinya.
Belakangan ini, ada salah satu dosenku yang mensyaratkan setiap mahasiswa harus terhubung ke internet selama perkuliahan berlangsung. Fungsinya, untuk mencari bahan referensi mengenai persoalan-persoalan Fisiologi Hewan yang terupdate dan menarik. Bagiku hal ini sangat menyenangkan, karena selama ini aku sering sembunyi-sembunyi mencari referensi jika sedang di dalam kelas. Pikir punya pikir, semalam aku iseng-iseng berselancar mencari bahan bacaan yang disusun untuk kepentingan perkuliahan besok.
“Waaah, kalau seperti ini caranya akan sangat mudah bagiku jika terlebih dahulu di rumah aku menyusun materi-materi perkuliahan. Nantinay jika aku sedang kuliah tinggal mengakses materi yang sudah aku siapkan di blogku sebelumnya”. Menurutku ini adalah gagasan yang sangat bagus dan efisien. Berselancar karena hobi, sekaligus belajar sebagai mahasiswa.
Buru-buru aku menyusun dan merombak semua struktur menu yang ada di blog ini. Semuanya dikelompokkan dalam sebuah menu berdasarkan kategori dan keperluannya.
  1. Kuliah berisi semua kategori materi-materi perkuliahan.
  2. Dear Diary berisi kategori curhatku dan temanku.
  3. Blog berisi kategori bebas tentang berbagai macam hal yang dapat kami tulis.
  4. dll,
Penyusunan Menu “Kuliah” dapat digambarkan secara sederhana seperti pada gambar di bawah ini.
Taksonomi MK
Cara Go Blog Bersama
Karena saking banyaknya mata kuliah yang sudah kami dapatkan, tentu saja tidak mudah untuk menyusunnya sendirian. Maka dari itu, aku mengira akan lebih efisien bila aku mengajak teman-teman satu kelasku untuk turut serta mengumpulkan data-data materi perkuliahan dari semua mahasiswa yang mau berkontribusi. Pembagian tugasnya bisa dikelompokkan berdasarkan kategori per Mata Kuliah atau per Sub Materi. Misalnya, Mata kuliah Fisiologi Hewan aku yang menanganinya.
Mereka dapat aku undang ke blog ini sebagai “Author” maupun “Editor”. Team Author bertugas mengumpulkan dan mengupload materi-materi per mata kuliah. Sedangkan Team Editor bertugas mengedit semua materi yang telah di upload. Dan aku sendiri bisa saja bertindak sebagai Administrator yang bertugas menyusun semua materi berdasarkan kategorinya. Aku rasa, dalam satu minggu hal ini dapat diselesaikan apabila semua mahasiswa bekerja sungguh-sungguh demi kemudahan kami dalam mengakses materi-materi perkuliahan yang sudah kami dapatkan.
Cirebon, 20 Februari 2013
Cerita Kita

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Alat Peraga Pernapasan

Alat peraga ini pernah saya buat ketika ada tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran di semester V. Waktu itu saya mengerjakannya dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalem) karena di hari-hari sebelumnya, saya kesulitan menemukan contoh alat peraga yang dirasa mudah dibuat.  Itu artinya, anda dapat dengan mudah membuat alat peraga ini dengan cepat. Silahkan baca keterangan lebih lanjut untuk dapat mengetahui lebih detail Cara Membuat Alat Peraga Pernapasan. A. Fungsi dan Prinsip Kerja Alat Peraga Pernapasan Pengertian respirasi (pernafasan) adalah proses pengambilan gas oksigen dari lingkungan dan pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh makhluk hidup. Bernafas merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Proses pengambilan gas tersebut menggunakan cara yaitu pernapasan dengan rongga dada dan pernapasan perut. Proses pernapasan perut dapat digambarkan dengan menggunakan model pernapasan yang dapat dengan mudah kita buat sendiri. Alat dan bahan yang diperlukan juga sangat se

Cara Memanen Benih Ikan Lele dan Gurami

Bagi teman-teman yang belum pernah melihat Cara Memanen Benih Ikan Lele dan Gurami, pada postingan kali ini aku ingin bercerita tentang cara memanen benih ikan lele dan gurami. Pengalaman ini aku dapatkan pada hari rabu, 23 januari 2013 lalu. Awal ceritanya kayak gini nih. Temenku: “Kiki  arep meng Indramayu, melu ble? Baka melu koe motore ente ditaro neng umae qita be”.  (Besok mau ke Indramayu, ikut gak? Kalo ikut nanti motor kamu ditaruh di rumah saya aja).   Setelah 4 jam berlalu, gara-gara lupa kebiasaan kalau orang di sms itu harus ngbales smsnya. Eh, ini malah cuma bales lewat batin aja . Aku:  “Ning Indramayu pan ngapa? Jam pira”.  (Di Indramayu mau apa? Jam berapa?). Temenku: “ Ngirim iwak, j am 8″.  (Ngirim ikan, jam 8). Percakapan via pesan singkat tersebut adalah percakapan antara aku dan Sniper  dari Cirebon Barat, kecamatan Palimanan. Sahabat yang biasa aku kerjain kalau masalah jalan sana jalan sini. Tekor sana tekor sini. Dia memiliki usaha pemb

Praktikum Biologi

Praktikum oH prAktikUM Kalau aku ingat tentang Praktikum Biologi, pasti akan aku asosiasikan dengan setumpuk laporan-laporan yang terkadang membuat jengah sampai dengan SANGAT JENGAH. Saat pelaksanaan praktikum memang cukup menyenangkan bahkan aku cukup antusias. Karena dengan praktikum, aku merasa terbantu dalam memahami pokok bahasan dalam materi. Memang, aku akui jika di dalam kegiatan praktikum tak jarang aku sering merusak hasil percobaan-percobaan teman-teman se kelas. Pasalnya, aku selalu merasa penasaran. "Gimana yah kalo di campur ini, dicampur itu, kalo di gini'in, kalo di gituin". Terasa sangat mengasikkan. Kadang-kadang aja. Sebenarnya hal semacam itu sangat berbahaya dilakukan, mengingat di laboratorium ada banyak sekali bahan-bahan kimia yang aku sendiri tidak tahu sifat fisik maupun sifat kimianya. Seringkali kegiatan praktikum yang aku ikuti memberikan berbagai macam pengalaman baru.Terutama pada praktikum materi-materi mikro. Ada